Cara Edit Bahasa COC Menjadi Bahasa Betawi

Baca Juga:

Cara Edit Bahasa Clash of Clans Menjadi Bahasa Betawi - Apakah mengedit atau merubah mengganti bahasa clash of clans ke dalam bahasa betawi bisa dilakukan?. tentu saja bisa mengapa tidak apasih yang nggak bisa di dunia ini hehe. setelah saya mencari cara kesana kemari mengenai cara ubah edit bahasa coc akhirnya saya menemukannya, dan cara ini work sob.

Kalo nggak percaya silahkan sobat praktekan sendiri cara-cara nya, sobat bisa mengubah/meng edit bahasa coc ke bahasa indonesia, bahasa sunda, bahasa jawa, bahasa betawi bahkan semua bahasa daerah yang ada di indonesia ini bisa di terapkan di game clash of clans. lalu bagaimana caranya edit bahasa coc ke bahasa betawi, berikut saya akan memaparkan langkah-langkahnya.

Syarat Utama

Pastikan Android  sibat sudah dalam posisi ter Root, jika android sobat sudah diroot maka lanjut ke langkah berikutnya.

Tools Untuk edit di PC komputer

1. download dan install Notepad++
2. download file texts.csv nya


Tools untuk edit di Android

1. download Jota+ di play store. untuk edit skrip.
2. download Root Browser di play store. fungsinya untuk memindahkan file texts csv.
3. download RAR di play store. fungsinya untuk ekstrak file zip.
4. download file texts csv zip di play store.

Jika sobat sudah download dan install file-file diatas maka sekarang saat nya sobat melakukan eksekusi edit bahasa coc sobat menjadi bahasa betawi, berikut langkah-langkah yang harus sobat lakukan.

> ekstak file texts csv di PC komputer, yang sudah sobat download tadi, lalu
> lalu buka file yang sudah sobat ekstrak tadi menggunakan notepad++ di komputer.
> gunakan ctrl+f guna mempermudah pencarian data yang ingin sobat edit.
> masukan kata yang ingin sobat edit kedalam kolom find what kemudian tekan enter.

Contohnya sobat ingin mengubah nama dari Town Hall menjadi Rumah Gue maka sobat tinggal masukkan kata TOWN_HALL di kolom find what lalu pilih all in current document dan akan muncul find result 12 hits. masing-masing nama akan merubah sesuai keterangan yang ditulis. tinggal pilih yang akan sobat rubah, untuk merubah nama Town Hall maka ganti kode seperti berikut ini.

TID_BUILDING_TOWN_HALL, Town Hall
Menjadi 
TID_BUILDING_TOWN_HALL, Rumah Gue

contoh lain jika sobat ingin merubah nama pasukannya seperti sobat ingin merubah nama Archer menjadi Emak Gue maka masukan kode ARCHER maka akan muncul 18 hits. pilih yang ingin sobat ganti kodenya seperti berikut.

TID_ARCHER, Archer
Menjadi 
TID_ARCHER, Emak Gue

> Jika dirasa sudah, simpan file yang sudah edit tadi kedalam bahasa betawi kemudian rename file nya menjadi texts.csv lalu.
> Pindahkan file tersebut ke Android sobat menggunakan USB/kabel data.
> jika file nya sudah dipindahkan ke android maka sekarang saatnya menggunakan fungsi dari android yang sudah di root. berikut langkahnya.

  • Buka File manager di Android sobat atau gunakan aplikasi root browser yang sobat download tadi.
  • lalu paste kan/move texts.csv nya ke direktori ini. root/data/data/com.supercell.clashofclans/update/csv/paste disini. 

> lalu buka menu setting>aplikasi>clash of clans/paksa berhenti.
> setelah itu buka dan mainkan coc sobat dan lihat perubahannya.selesai.
> cara edit di Android pun tidak jauh berbeda dengan cara edit di PC komputer, namun agar sobat lebih leluasa dan mudah lebih baik edit di PC komputer.


Berikut tutorial cara Edit Bahasa COC Menjadi Bahasa Betawi, cara ini sudah banyak dilakuakan dan kebanyakan sudah berhasil, silahkan sobat coba dan semoga berhasil, atau jika sobat tidak ingin ribet mengedit teks nya silahkan meluncur ke post ini cara merubah bahasa coc ke bahasa indonesia dan cara merngganti bahasa coc ke bahasa sunda, sobat tidak perlu repot-repot mengedit hanya download dan terapkan saja beres, sekian dan terimakasih semoga coc sobat berhasil diganti bahasanya.

Tags: cara mengganti, merubah, mengedit bahasa coc ke bahasa betawi, cara edit bahasa coc ke bahasa betawi, cara edit bahasa coc ke bahasa sinda, cara edit bahasa coc kesemua bahasa, coc bahasa betawi, cara clash of clans menjadi bahasa betawi.

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

Saksikan Video Menarik di Bawah ini: